,,

Rabu, 08 Juni 2011

Mandi Garam Berguna Untuk Kesehatan


Selain mandi susu dan mandi madu, Mandi dan berendam garam adalah kegiatan yang juga sering dilakukan oleh Cleopatra, ratu mesir yang tersohor akan kecantikannya. mandi garam dikenal dengan Baneo theraphy ( bahasa latin ) yang berarti mandi. Mandi garam memang mengandung banyak manfaatnya baik dibidang kesehatan maupun dibidang kecantikan. Meski mandi yang rutin kita lakukan sudah cukup membuat tubuh bersih dan segar, namun tak apa kita sekali-kali mandi garam yang memiliki banyak manfaat.
Untuk mendapatkan hasil maksimal garam adalah GARAM ANORGANIK, seperti natrium karbonat deka, natrium seskuikarbonat, natrium klorida, natrium ke-ksametasofat, asam tatrat, dan asam sitrat. Menggunakan garam karbonat, karena memiliki sifat yang menguntungkan, yaitu mudah dan cepat larut dengan sempurna dalam air. Mudah dicampur dengan zat warna dan pewangi, serta memiliki tingakat keasaman (pH) pada konsentrasi 1%.
Efek yang ditimbulkan setelah mandi garam adalah: menghaluskan kulit, mengangkat sel kulit mati sehingga tumbuh sel kulit baru yang halus dan sehat, memperlancar aliran darah, menangkal radikal bebas, memberi efek pijatan, meningkatkan kekebalan tubuh. Mandi garam memiliki lebih banyak efek positif dari pada negative.
Peralatan yang digunakan saat mandi adalah spon, loofah (spon kasar), batu apung, back brush. Tahapan yang dilakukan dalam mandi garam yang pertama adalah siapkan air panas sekitar 40 derajat Celsius untuk berendam. Lalu tambahkan garam khusus mandi untuk menambah sensasi mandi juga bisa ditambahkan minyak zaitun atau minyak aroma terapi. Lalu saat berendam jangan lupa untuk menggosok-gosok tubuh agar mineral garam benar-benar meresap.
Namun jangan sampai kita terlalu lama berendam karena dikhawatirkan kulit akan berkerut terutama di bagian kaki dan tangan sreta terjadi iritasi. Berenadamlah kurang dari 30 menit. Dan lakukan mandi inmi secara rutin, seminggu sekali atau 2minggu sekali. Saat membilas, bilaslah dengan air biasa dan sabun yan sesuai dengan kulit kita. Terakhir keringkan tubuh dengan handuk lembut dan olesi tubuh dengan pelembab agar kandungan air pada kulit tidak menguap.
Meski memilki banya manfaat, namun tak semua orang boleh mandi garam. Orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, menderita gangguan jantung, dan menderita diabetes. Ketiga kondisi tersebut dilarang karena dikhawatirkan dapat meningaktkan tekanan darah.

0 komentar

Posting Komentar

hostgator coupon